Obat HIV Nyaris Ditemukan

Obat HIV Nyaris Ditemukan



Seorang pria Inggris bisa menjadi orang pertama di dunia yang sembuh dari HIV. Pria yang tak disebutkan namanya tersebut mendapatkan terapi baru yang dirancang oleh tim ilmuwan dari lima universitas di Inggris.
"Ini adalah salah satu upaya serius pertama dalam penemuan obat HIV," kata Mark Samuels, direktur Institut Nasional untuk Kantor Penelitian Kesehatan untuk Clinical Infrastructur Research.
"Kami sedang menjajaki kemungkinan nyata dalam penyembuhan pasien HIV. Ini adalah tantangan besar dan ini masih tahap awal. Tapi, kemajuannya luar biasa,” tambahnya, seperti laporan dari Telegraph, Senin (3/10).
Uji coba ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Oxford, Cambridge, Imperial College London, University College London dan King College London. HIV sangat sulit diobati karena virus menyerang sistem kekebalan tubuh.
Terapi baru bekerja dalam dua tahap. Pertama, vaksin membantu tubuh mengenali sel yang terinfeksi HIV sehingga dapat membersihkannya. Kedua, obat baru yang disebut Vorinostat mengaktifkan T-sel aktif sehingga virus dapat terlihat oleh sistem kekebalan tubuh.
Lebih dari 100.000 orang di Inggris positif menderita HIV. Sekitar 17 persen dari mereka tidak tahu, mereka memiliki penyakit itu, dan 37 juta terinfeksi di seluruh dunia.

Sumber : Analisadaily
Previous
Next Post »